NEWS TICKER

Warga Meminta DPRD dan SKPD Menindak Tegas IPAL Lippo Group

Jumat, 26 Juni 2020 | 1:30 pm
Reporter: Indra
Posted by: Indra Rubadi
Dibaca: 460
IPAL Lippo membuang Limbah langsung ke Sunga Cicayur, Foto indra Faktakhatulistiwa.com

KOTA TANGERANG, Faktakhatulistiwa.com – Rt.Sade selaku perwakilan Warga dan Komunitas Peci Suci (Penggiat Cinta Sungai Cicayur) meminta Jajaran DPRD dan SKPD Kota Tangerang Harus menindak tegas IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) milik Lippo Group yang berdiri di Wilayah Kelurahan Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas Kota Tangerang.

Menurut Rt.Sade, semenjak berdirinya IPAL dipinggir Sungai Cicayur, tidak ada sedikitpun kepedulian untuk merawat dan memelihara lingkungan Sungai Cicayur.

“Semenjak IPAL berdiri dipinggir Sungai Cicayur, pembuangan Limbah Lippo langsung ke Sungai tanpa pengolahan, baik itu Air Kotor ataupun ampas sisa pengolahan airnya, efeknya adalah rusaknya ekosistem air sungai dan pendangkalan daras air sungai,” paparnya.

Rt.Sade juga mengeluhkan atas lemahnya SKPD Kota Tangerang yang sudah lama mengetahui keberadaan IPAL dan efek dari ketidakpedulian Lippo Group terkait pendangkalan dan kerusakan Sungai Cicayur.

“Padahal Kita (warga -red) sudah sejak lama mengeluhkan dan sudah disampaikan juga kepada Lurah maupun SKPD, bahkan pernah di Sidak juga dulu, tapi entah kenapa gak ada Progresnya,” keluhnya.

Warga pun mengeluhkan dengan adanya penyampaian dampak kerusakan ekosistem serta dampak limbah ke warga Panunggangan Barat kepada pemerintah, namun hingga kini belum juga ada kejelasan penindakannya.

“Bahkan dulu pernah juga disampaikan kepada Ketua DPRD Kota, tapi sampai saat ini ga ada kejelasannya, kemarin (Selasa, 23/06/2020) juga ada Sidak dari Pol PP dan Lurah kelokasi IPAL, tapi sama aja ga ada tindakannya,” kesalnya.

Dilain sisi, saat dikonfirmasi melalui prsang singkatnya, Camat Cibodas Mahdiar berharap dalam hal tersebut, dapat ditindaklanjuti sesuai dengan prosedur.

“Prinsipnya ini kan hasil pengembangan tim pemkot untuk trus simultan menindaklanjuti permsalahan intake..dan kita berharap semuanya juga bisa di tindaklanjuti oleh pihak manapun sesuai dengan prosedurnya,” papar Mahdiar.

Sampai berita ini dilayangkan, pihak Perusahaan Lippo Group masih enggan memberikan penjelasan terkait intake PT.Villa Permata Cibodas maupun IPAL.

© 2020 Fakta Khatulistiwa. All Rights Reserved.