TANGERANG, Faktakhatulistiwa.com – Semarak bulan suci Ramadhan, warga Kampung Bekelir, Babakan, Kota Tangerang, jalani tradisi mandi keramas di bantaran sungai Cisadane, Sabtu (2/4/2022) sore.

Mandi keramas yang sudah menjadi tradisi turun temurun warga bantaran sungai Cisadane sehari jelang bulan Ramadhan ini diikuti oleh ratusan masyarakat dari usia dini hingga lansia.

Bersamaan dalam kegiatan itu, Kapolsek Benteng, Polres Metro Tangerang Kota, Kompol Suroto turut menghimbau kepada masyarakat agar menjaga keselamatan diri saat berada ditepian sungai Cisadane.

“Kami bersama Muspika TNI Polri turut menjaga tradisi setiap tahun demi menjaga hal-hal yang tidak diinginkan,” jelasnya.

Seperti diketahui, tradisi mandi keramas di bantaran sungai Cisadane jelang Ramadhan ini sudah ada sejak dahulu kala. Namun pada jaman dahulu mandi keramas secara massal ini masih menggunakan merang (sisa bakaran padi) yang di era modern ini sudah menggunakan shampo dan sabun sebagai bahan untuk membersihkan diri.

“Saya senang sekali bisa ikut acara yang sejak saya kecil sudah ada, dan sekarang saya membawa cucu saya untuk mandi keramas bareng di sini,” tambah Kurnia, salah seorang peserta mandi keramas ini. (Yud)

follow and like us:
Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan