NEWS TICKER

Wali Kota Minta Pelanggan Pahami Kenaikan Tarif Air PDAM

Kamis, 15 April 2021 | 7:08 pm
Reporter: Yud/Ren
Posted by: Redaktur
Dibaca: 663
Walikota Tangerang, H Arief R Wismansyah, Ist Faktakhatulistiwa.com

TANGERANG, Faktakhatulistiwa.com – Wali Kota Tangerang tanggapi adanya kenaikan tarif baru biaya administrasi rekening meter dan biaya pemeliharaan meter pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Benteng (PDAM TB).

Wali Kota Tangerang, H. Arief R Wismansyah meminta para pelanggan PDAM TB dapat memahami adanya kenaikan tarif tersebut.

Menurutnya, saat ini PDAM TB sedang gencar ekspansi, yang memerlukan biaya operasional secara mandiri, karena sementara ini Pemkot Tangerang tidak pernah memberikan penyertaan modal.

“Artinya butuh biaya-biaya operasional dan sebagainya. Jadi selama ini, pemerintah Kota juga tidak melakukan penyertaan biaya modal berupa uang. Nah, maka kita mendorong PDAM untuk secara mandiri sekarang jadi Perumdam ini untuk lebih efektif,” ujar Arief saat ditemui di Gedung DPRD Kota Tangerang, Kamis (15/4/2021).

Meskipun ditengah kondisi pandemi Covid-19 ini, adanya kenaikan tarif pelanggan air adalah yang biasa dalam hal administrasi, bila dibandingkan dengan adanya tarif air yang diatur dalam Permendagri.

“Saat ini, tarif air tersebut belum ada kenaikan dan masih rata-rata. Mangkanya kita masih banyak subsidi,” katanya.

Arief pun membeberkan adanya kenaikan tarif pelanggan tersebut salahsatunya PDAM TB saat ini tengah merubah transaksi pembayaran dari manual menuju era digital.

“Jadi kayak bayar listrik itu kan pakai token, digital, jadi gak ada simpang siur lagi. Kedepan ini sekarang lagi di jajaki PDAM untuk menggunakan meter digital. Jadi masyarakat tidak dirugikan dan perusahaan tidak dirugikan,” tambahnya.

© 2020 Fakta Khatulistiwa. All Rights Reserved.