NEWS TICKER

Selewengkan Dana Hibah, Kejati Akan Periksa DPW PKB Banten

Rabu, 14 Oktober 2020 | 7:28 pm
Reporter: Yudha
Posted by: Redaksi
Dibaca: 1431
Gambar Ilustrasi

SERANG, Faktakhatulistiwa.com – Kejaksaan tinggi (Kejati) Provinsi Banten menerima laporan adanya dugaan penyelewengan dana hibah bantuan keuangan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Banten pada tahun 2019.

Laporan tersebut dibuat pada Senin
(21/9/2019) di PTSP Kejati Banten. Yang dimana dalam laporannya, terdapat total dana bantuan yang didapat DPW PKB Banten senilai Rp. 491,317 juta, yang digunakan dalam dua tahap, yakni :

– Pertama pemberian uang saku untuk peserta kegiatan penguatan struktur saksi Pileg 2019, yang dilaksanakan pada Jumat 1 Februari 2019 lalu di aula DPW PKB Banten, Cipocokjaya, Kota Serang.

– Kemudian pada Sabtu 23 Maret 2019, kegiatan partai kembali dilaksanakan, tentang tata cara pengisian E-Filing untuk caleg terpilih dan rakor evaluasi di kantor DPW PKB Banten.

“Kedua kegiatan tersebut merupakan tahap pertama (untuk pencairan dana-red). Dalam laporannya, terdapat dugaan penyelewengan dalam penggunaan dananya,” kata salah satu pegawai di Kejati Banten yang enggan disebutkan namanya, Selasa (13/10/2020).

Kemudian, kegiatan focus group discussion (FGD) Penguatan Fungsi Budgeting anggota DPRD dari PKB se Provinsi Banten. Lalu, kegiatan koordinasi dan konsolidasi DPW, DPC, caleg PKB se Provinsi Banten dan anggota legislatif PKB pasca Pemilu 2019.

“Dalam laporannya ada dugaan data penerima yang dipalsukan. Informasinya masih dalam proses telaah,” ujarnya.

Dilain sisi, Mantan Dewan DPRD Provinsi Banten dari Fraksi PKB, H Abdul Roji S. Sos. MM., menegaskan, kalau anggaran tersebut digunakan tidak sesuai dengan aturan, harus diusut tuntas.

“Kalau memang itu digunakan tidak sesuai aturan, termasuk menyalahgunakan uang negara, sangsinya pidana, nanti penyidik dari Kejaksaan lebih tahu, selain itu sumber uangnya dari mana lagi itu perlu diusut tuntas,” tegasnya saat dihubungi Faktakhatulistiwa.com, Rabu (14/10).

Dikatakannya, pihak Kejati Banten akan melakukan pemeriksaan kepada DPW PKB Banten terkait adanya laporan dugaan penyelewengan dana hibah tersebut. “Diperkirakan pemanggilan minggu depan,” ungkapnya.

Senada disampaikan oleh Fraksi PKB Kabupaten Tangerang, Tabrani, untuk tahap dua dana yang digunakan untuk kegiatan Bimbingan teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas legistlatif (DPRD) PKB se-Provinsi Banten. Kegiatan tersebut berlangsung pada Sabtu dan Minggu di bulan Juli 2019 lalu.

“Anggota dewan merasa tertipu waktu Bimtek di Puncak, ada transport di LPj nya, padahal Nol,” tambahnya.

© 2020 Fakta Khatulistiwa. All Rights Reserved.