NEWS TICKER

Rencana Pemprov Perbaiki Tugu Pamulang Urung Karena Terkendala Covid

Selasa, 13 April 2021 | 1:02 am
Reporter: HS
Posted by: Redaktur
Dibaca: 1008
Tugu pamulang yang direncanakan akan direnovasi namun terkendala pandemi covid, foto editor by Faktakhatulistiwa.com

BANTEN, Faktakhatulistiwa.com – Penyebaran Covid-19 benar-benar berdampak luas terhadap sendi kehidupan. Salah satunya berdampak terhadap pembangunan, termasuk di Provinsi Banten.

Pemerintah Provinsi Banten dan juga Pemerintah Kabupaten/Kota yang sudah merencanakan pembangunan, termasuk pembangunan fisik terpaksa harus menunda pelaksanaan sebagian pembangunan karena anggaran difokuskan untuk penanganan dan pencegahan Covid-19.

Begitupun pembangunan Tugu Pamulang juga terkena dampak pandemi Covid-19. Betapa tidak, Pemprov Banten yang sudah menganggarkan perbaikan tugu pada Tahun Anggaran 2020 terpaksa harus ditunda karena terkena refocussing anggaran.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemprov Banten, M Tranggono mengakui bahwa pandemi Covid-19 berdampak terhadap pembangunan, termasuk rencana perbaikan Tugu Pamulang.

Ia menceritakan, semula atau pada tahun 2017, PUPR merencanakan pembangunan Tugu Pamulang dengan desain seperti yang sudah dibangun sekarang ini. Adapun pembangunan dilaksanakan pada tahun 2018.

“Perencanaan dilakukan tahun 2017 oleh PUPR dan dilaksanakan pada tahun 2018 oleh PUPR. Desain yang ada adalah sesuai dengan yang telah dilaksanakan sekarang,” ujar Tranggono, (11/4).

Namun, setelah pembangunan tugu selesai, Pemkot Tangerang Selatan meminta untuk diubah sesuai dengan desain yang telah diviralkan.

Atas usulan tersebut, kata Tranggono, pihaknya pada tahun 2019 melakukan pembahasan bersama terkait desain tugu. Pembahasan tersebut melibatkan pihak PUPR Kota Tangsel dan PUPR Provinsi Banten.

“Setelah terdapat kesepakatan terhadap desain Tugu Pamulang maka Pemprov Banten melalui PUPR Banten menganggarkan renovasi Tugu Pamulang pada Tahun 2020,” katanya.

Namun, kata Tranggono, rencana perbaikan tugu akhirnya tertunda, sehubungan dengan pandemi Covid-19 yang berdampak terhadap anggaran. Anggaran perbaikan tugu yang sudah direncanakan secara matang akhirnya terkena refocussing.

“Bukan hanya Tugu Pamulang yang terkena refocussing, tapi juga banyak kegiatan lainnya yang mengalami hal yang sama,” tuturnya.

© 2020 Fakta Khatulistiwa. All Rights Reserved.