NEWS TICKER

Realita Kesulitan Pendaftaran PPDB Masih diKeluhkan Wali Calon Siswa

Sabtu, 4 Juli 2020 | 12:00 pm
Reporter: Redaksi
Posted by: Indra Rubadi
Dibaca: 65
SMAN 2 Kota Tangerang, foto istimewa Faktakhatulistiwa.com

KOTA TANGERANG, Faktakhatulistiwa.com – Meski dinilai mempermudah, tetapi pada praktiknya masih banyak wali murid yang merasa bingung untuk mengikuti tahapan pendaftaran secara daring tersebut.

Terlebih saat adanya pengumuman penerimaan calon siswa-siswi baru. Orang tua murid pun kebingungan untuk menanyakan, alasan pasti dan transparansi dari pihak Sekolah yang dituju. Lantaran tidak diterimanya anaknya tersebut.

Seperti dialami Jefri salah satu perwakilan wali murid calon peserta didik baru yang telah mendaftarkan di SMA Negeri 2 Kota Tangerang melalui online. Namun, hasil pengumuman tidak diterima disekolah itu. Menurutnya, jarak antara rumah dengan sekolah sesuai dengan zonasi.

Selain itu, Jefri kepada media fakta khalustiwa pada Jum’at (03/7/2020) mengatakan sangat kecewa saat hendak menanyakan agar mendapatkan informasi tidak diterimanya keponakannya, pihak panitia PPDB dari SMA Negeri 2 Kota Tangerang tidak ada ditempat (sekolah).

“Saya selaku perwakilan dari orang tua murid sangat kecewa seketika saya mau menanyakan perihal tidak diterimanya ponakan saya di sma negeri 2 kota tangerang, tapi semua panitia tidak ada sejak PSBB diberlakukan saat saya menanyakan ke petugas keamanan sekolah dengan tujuan ingin bertemu untuk menanyakan,” kata Jefri.

“Maaf bang disini gak ada siapa-siapa perwakilan juga gak ada, kalau gak percaya masuk aja cuma ada guru TU untuk legalisir kalo mau buka website aja ada pengaduannya,” tambah Jefri menirukan perkataan yang disampaikan penjaga keamanan di SMA Negeri 2 Kota Tangerang.

Jefri mengungkapkan, seharusnya para panitia PPDB standby disekolah untuk mengantisipasi munculnya kendala, terutama calon pendaftar atau orang tua yang kesulitan untuk mendapatkan informasi.

Padahal sesuai dengan permendikbud nomor 44 tahun 2019 tentang ketentuan PPDB, Orang Tua Calon siswa wajib mendapat bimbingan Proses Jalur Pendaftaran.

© 2020 Fakta Khatulistiwa. All Rights Reserved.