NEWS TICKER

RC Badak Terobos Jalur Terjal Guna Evakuasi Pasien di Ciparengpeng

Kamis, 1 April 2021 | 4:33 pm
Reporter: Yudh
Posted by: Redaktur
Dibaca: 17
Relawan dan RC Badak saat evakuasi seorag warga yang memutihkan pelayanan medis di Ciparengpeng, Bogor, ist Faktakhatulistiwa.com

BOGOR, Faktakhatulistiwa.com – Kondisi akses jalan tak layak menjadi permasalahan utama dalam perkembangan suatu wilayah, Kampung Ciparengpeng salahsatu contohnya.

Sebuah kampung yang berlokasi di punggung bukit Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Desa Cileksa Kecamatan Sukajaya, dengan ketinggian sekitar ±800 MDPL yang dihuni oleh sekitar 200 Kepala Keluarga itu pun minim pelayanan kesehatan.

Saat kondisi kritis dalam masalah kesehatan, warga setempat tidak mudah mendapatkan pelayanan, mereka harus menuruni bukit dengan membawa pasien menggunakan kain sarung yang dikaitkan dengan sebilah bambu.

Dalam perjalanan ekplorasi kondisi jalan di Kampung Ciparengpeng, relawan yang tergabung dalam Sinergi Bersama menemui kasus Warga yang dalam kondisi kesehatan yang kritis di Kampung tersebut. Jum’at (26/03/2021) malam.

Melihat kondisi warga bernama ibu Sati (65) dalam kondisi demam tinggi dan lemas, tim relawan Sinergi Bersama pun segera menghubungi jaringan relawan lainnya agar dapat membantu kondisi warga.

Tim Reaksi Cepat Badan Darurat Kemanusiaan (RC BADAK) yang bermarkas di Kota Tangerang sedang dalam status siaga pun segera merespon kabar tersebut.

Tim RC Badak pun segera berangkat ke lokasi pada Jumat tengah malam, dan akhirnya tiba di kampung Ciparengpeng pada pukul 05:00 pagi. Diketahui Kampung Ciparengpeng merupakan salahsatu daerah lokasi bencana longsor pada awal tahun 2020.

Tak patah arang, dalam kondisi gelap dengan jalur menanjak pada pukul tiga dini hari setibanya di Lapangan Desa Cileksa empat orang relawan tim RC Badak langsung lanjut menaiki bukit menuju lokasi rumah warga.

Galang Airlangga, salahsatu relawan Sinergi Bersama asal Bekasi mengatakan kondisi Warga yang sakit tampak lemas, menurut pihak keluarga ibu tersebut mengalami sakit maag akut dari hasil pemeriksaan tenaga kesehatan di kecamatan Sukajaya.

“Demam tinggi, info keluarga sudah tidak masuk makanan beberapa hari ini, dari kondisi kritis tersebut, Galang pun berinisiatif meminta bantuan kepada tim relawan lainnya yang berada di wilayah, Alhamdulillah tim relawan RC Badak menanggapi,” paparnya.

Asep Ruswiadi pembina RC Badak mengatakan siap untuk untuk menjemput dan mengantarkan pasien ke fasilitas kesehatan yang dituju.

“Kita berangkat dan jemput pasien malam itu juga setelah mendapat informasi lengkap, paginya pun kita berangkat evakuasi pasien ke fasilitas kesehatan yang ada di tingkat kecamatan Sukajaya, namun kami Kira orang yang dimaksud warga adalah seorang dokter ternyata hanya seorang mantri bergelar Am.Kep,” Kata Asep.

Melihat situasi kritis pasien, akhirnya tim relawan bersama RC Badak melarikan pasien ke Puskesmas Sukajaya, dengan pelayanan seadanya pasien pun ditangani oleh pihak puskesmas Sukajaya. Sabtu (27/03/2021) pagi.

Setelah diperiksa pasien pun diberikan cairan infus dan obat, selanjutnya dilakukan rawat inap oleh pihak puskesmas Sukajaya.

© 2020 Fakta Khatulistiwa. All Rights Reserved.