NEWS TICKER

PPNI Kota Tangerang Mengutuk Keras Aksi Penganiayaan Perawat di Palembang

Sabtu, 17 April 2021 | 2:34 pm
Reporter: Yud
Posted by: Redaktur
Dibaca: 389
Ketua PPNI Dr.Ihwan, Foto istimewa Faktakhatulistiwa.com

TANGERANG, Faktakhatulistiwa.com – Kekerasan yang dialami oleh seorang perawat berinisial CR, Kamis (15/4) kemarin, mendapat sorotan dari kalangan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

Diantaranya, DPD PPNI Kota Tangerang turut serta mengutuk aksi kekerasan yang dilakukan oleh pelaku JT (ortu pasien) terhadap rekan sejawatnya CR (korban) yang bekerja di RS Siloam Sriwijaya Palembang.

“Kami atas nama perawat Kota Tangerang miris dan amat prihatin atas kejadian tindak kekerasan pada teman perawat di Sumsel,” ujar Ihwan, SKM. M.Mkes, selaku Ketua DPD PPNI Kota Tangerang saat dihubungi Faktakhatulistiwa.com, Sabtu (17/4/2021).

Seperti diketahui, profesi perawat dalam melaksanakan praktik keperawatan berhak memperoleh pelindungan hukum sepanjang melaksanakan tugas sesuai dengan standar pelayanan, standar profesi, standar prosedur operasional, dan ketentuan Peraturan Perundang-undangan, sesuai dengan UU No 38 Tahun 2014 Tentang Keperawatan.

“Seyogyanya nilai luhur profesi perawat dalam melayani klien harus dilindungi dari segala tindak kekerasan. Maka kami perawat Kota Tangerang mengecam tindak kekerasan terhadap teman sejawat kami di Sumatera Selatan, dan berharap kejadian seperti ini tidak terjadi lagi, juga kami mohon dapat diselesaikan sesuai hukum yg berlaku,” pungkasnya.

Sementara, hingga kini korban CR masih mendapati perawatan karena mengalami luka lebam dan trauma akibat tindakan kekerasan yang dilakukan oleh JT.

“Saat ini perawat kita masih menjalani perawatan, kita terus mengontrol kondisinya karena beberapa luka fisik dan psikis,” tambah Direktur RS Siloam Sriwijaya, dr Bona Fernando.

© 2020 Fakta Khatulistiwa. All Rights Reserved.