TANGERANG, Faktakhatulistiwa.com – Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) menggelar Bhakti Sosial Vaksinasi Booster Massal untuk Umum bertempat di Pura Kertajaya Tangerang, Minggu (20/03/22).

Kegiatan tersebut merupakan kerjasama, Panitia Nasional Perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1944 PHDI Pusat, dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya (PMJ), Yayasan Vidya Kertajaya, dan PHDI Provinsi Banten, serta RS Mayapada Tangerang (untuk Cek Gula Darah Gratis).

Acara dihadiri Ketua Umum Panitia Nasional Perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1944, Brigjen TNI Putra Widiastawa dan PMJ diwakili oleh AKP Karisma Arbita Bangsa selaku Koordinator Vaksin Keliling Ditlantas PMJ, Kandit 11 SISTNK Ditlantas PMJ.

Dalam sambutannya, Putra Widiastawa berharap pelaksanaan kegiatan Bhakti Sosial melalui vaksinasi Booster Massal gratis bagi Masyarakat umum ini selain menjadi wujud nyata dari peran serta umat Hindu juga menjadi salah satu Dharma Negara.

“Kita (umat Hindu) untuk bersama-sama membantu Pemerintah menghadapi pandemi Covid-19, sehingga segera terbentuknya herd immunity dan yang terpenting adalah untuk mempercepat proses pemulihan ekonomi masyarakat,” paparnya.

Acara ini juga menjadi momentum implementasi ajaran Hindu Dharma “Tat Twam Asi” dan “Vasudewa Kutumbhakam”, yang merupakan wujud kepedulian umat Hindu terhadap sesama.

“Karena kita soyogianya bersaudara sehingga berkewajiban untuk saling mengasihi dan menyayangi satu sama lain,” terangnya.

Dari 374 orang yang mendaftar dalam pelaksanaan vaksinasi booster, yang berhasil divaksin hanya 301 orang (sekitar 80.48% dari yang daftar atau sekitar 75% dari target 400 orang).

“Beberapa yang gagal untuk divaksinasi, dikarenakan sertifikat vaksinasi keduanya tidak terdaftar dalam aplikasi Peduli Lindungi,” ujar Putra Widiastawa.

Vaksinasi booster massal tersebut, mengawali kegiatan bhaksos dan intelektual lainnya sebagai implementasi hubungan umat Hindu dengan sesama dalam rangka Perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1944 sebagai bentuk rasa syukur kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa dan sebagai bentuk dukungan pada program-program pemerintah sesuai tema “Aktualisasi Nilai Tat Twam Asi dalam Moderasi Beragama Menuju Indonesia Tangguh”.

Berikutnya pada hari Sabtu (26/03/22), juga akan dilaksanakan kegiatan Simakrama Kebangsaan yg bertempat di Pura Gunung Salak. Kegiatan ini merupakan kerjasama Panitia Nasional Perayaan Nyepi Tahun Saka 1944 dengan Kampus STAH DN Jakarta dan MPR/DPR RI.

Acara selanjutnya adalah Bhakti Sosial, berupa pemberian santunan kepada Anak Yatim Piatu dan panti jompo wilayah Jabodetabek, yang rencananya akan dilaksanakan pada hari Minggu (03/04/22), bertempat di Wantilan Pura Rawamangun, Jakarta Timur.

Sebagai puncak acara sekaligus penutup seluruh rangkaian kegiatan perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1944 adalah kegiatan Dharmashanti Nasional Nyepi Tahun Saka 1944/Tahun 2022, yang rencananya akan dilaksanakan di Aula Gedung Nusantara IV DPR RI, Kompleks Senayan, Jakarta, pada Minggu, 10 April 2022.

Acara Dharmasanti Nasional merupakan acara simakrama/silahturahmi yang dalam pelaksanaannya melibatkan masyarakat Umat Hindu, tokoh-tokoh umat beragama, pejabat negara baik Pegawai Negeri Sipil, Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Sementara itu, Koordinator Vaksin Keliling Ditlantas PMJ Karisma mengatakan, pandemi Covid-19 seperti gelombang yang tidak menentu.

Ia mengharapkan, vaksinasi booster dapat menggunakan berbagai jenis atau merek vaksinasi apapun.

“Untuk itu, masyarakat tidak perlu khawatir terhadap jenis vaksin. Efek samping yang ditimbulkan di setiap jenisnya sama,” pungkasnya. (HS)

follow and like us:
Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan