NEWS TICKER

Personil Yonif 400/BR Tewas Tertembak Kelompok Kriminal Bersenjata di Papua

Senin, 11 Januari 2021 | 3:37 pm
Reporter: Yudha
Posted by: Redaktur
Dibaca: 691
Jenajah Prada Agus saat tengah dipeluk oleh rekan kesatuannya, istimewa Faktakhatulistiwa.com

PAPUA, Faktakhatulistiwa.com – Seorang prajurit TNI, Prada Agus Kurniawan gugur dalam kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Titigi, Kabupaten Intan Jaya, Papua pada Minggu 10 Januari 2021.

Prada Agus Kurniawan yang dikenal baik dan hobi grafity, sebagai alumni STM di Tangerang ini merupakan salah satu Anggota Personil Yonif 400/BR. Beliau gugur pada pukul 11.40 WIT dengan luka tembak di bagian punggungnya.

Dandrem 173 PVB, Brigjen TNI Iwan Setiawan, membenarkan adanya insiden kontak senjata hingga menyebabkan meninggalnya seorang prajurit TNI.

“Kontak senjata terjadi sekitar pukul 11.40 WIT. Korban terkena tembakan di bagian punggung,” kata Iwan Setiawan yang dihubungi dari Jayapura, Minggu 10 Januari 2021 sore, dikutip dari Antara.

Ia menjelaskan bahwa korban bertugas di Pos Titigi yang berjarak sekitar 5 kilometer dari Sugapa, Ibu Kota Kabupaten Intan Jaya. Kondisi alamnya yang bergunung-gunung.

Data Prada Agus Kurniawan, istimewa Faktakhatulistiwa.com

Jenazah korban sudah dievakuasi ke Timika dengan menggunakan helikopter milik TNI AU.

Ketika ditanya tentang situasi di Titigi, Dandrem 173 yang wilayahnya membawahi Kabupaten Intan Jaya mengatakan bahwa saat ini anggota TNI sedang bersiaga.

Kondisi alam yang bergunung-gunung menjadi kendala bagi personel TNI yang melakukan pengejaran terhadap kelompok KKB. Hingga saat ini, pengejaran masih terus dilakukan.

“Pengejaran masih dilakukan oleh personel dari Yonif 400/BR,” kata Brigjen TNI Iwan Setiawan.

© 2020 Fakta Khatulistiwa. All Rights Reserved.