TANGERANG, Faktakhatulistiwa.com – Peringati hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77 Tahun, warga RT03, RW07, Priuk Jaya, Kota Tangerang langsungkan upacara pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih.

Upacara tersebut berlangsung di lapangan balai warga RW07, yang diikuti oleh seluruh warga serta mahasiswa dari Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Syekh Yusuf Kota Tangerang, pada Rabu (17/8/2022) pagi.

Selaku inspektur upacara, dan juga sesepuh warga Priuk Jaya, H. Sugandi mengatakan, dalam mengisi hari Kemerdekaan RI ke 77 di tahun 2022 ini, toleransi dapat dibangun dari diri sendiri.

“Kita mulai dari pribadi diri sendiri, paling tidak kita ikut membersihkan lingkungan, persatuan antar tetangga, antar warga, dan antar keluarga. Intinya toleransi beragama juga kita tingkatkan, paling tidak kita mulai dari diri sendiri, perindividu,” ujar H. Sugandi.

Lebih lanjut, H. Sugandi menerangkan, rangkaian acara warga RW07 juga diisi dengan tasyakuran, perlombaan, hingga panggung gembira yang akan berlangsung pada Sabtu 20 Agustus 2022 malam, yang menjadi puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 77.

“Ada tasyakuran, abis upacara juga ada acara lomba untuk anak-anak, dan senam, dan sampai sore hari ada karnaval, dan lomba sepeda hias, dan nanti di puncaknya pada malam Minggu kita ada panggung gembira,” jelasnya.

Swafoto bersama warga dan mahasiswa usai melangsungkan upacara pengibaran Bendera Sang Saka Merah Putih, (foto Yudha Faktakhatulistiwa.com)

Di lokasi yang sama, Qurtaniyah selaku Mahasiswi dari Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Syekh Yusuf Kota Tangerang, yang turut mengisi upacara pengibaran Bendera Sang Saka menyampaikan kegembiraannya, karena pada tahun 2022 ini rakyat Indonesia bisa turut merayakan hari Kemerdekaan secara terbuka, akibat wabah Covid yang sebelumnya sempat melanda Indonesia.

“Yang pastinya tatanan kehidupan sekarang sudah berubah, dan Alhamdulillah tahun ini, sudah kembali lagi, semangat lagi, antusias lagi, dan meriah lagi,” kata dia.

Baginya, perayaan di tahun 2022 ini adalah yang ditunggu-tunggu, karena Bangsa Indonesia dapat kembali merayakan semangat kebhinekaan bersama.

“Kita disini dari rekan-rekan mahasiswa sangat senang, karena ini yang kita tunggu-tunggu, karena pada tahun-tahun sebelumnya, bahkan dua tahun hingga tiga tahun yang lalu kita telah mengalami Covid 19, yang pastinya tatanan kehidupan sudah berubah. Peringatan pun kegiatannya hanya di rumah, kita hanya menonton tv saja, cuma melihat kenangan-kenangan yang dulu, tapi hari ini sangat senang sekali karena sudah kembali lagi, semangatnya, antusiasnya pada 17 Agustus 2022 tahun ini,” ujar Qurtaniyah.

Ia pun berharap, agar di hari Kemerdekaan ini, seluruh warga dapat meningkatkan kembali rasa toleransi agar dapat membanggakan Bangsa Indonesia.

“Semoga pada hari Kemerdekaan tahun 2022 ini, lebih mendekatkan kita pada kerukunannya, kekeluargaannya, kekompakannya, dalam membanggakan Bangsa Indonesia pastinya,” harapnya.

Penulis : Yudha
Penerbit : Redaksi Faktakhatulistiwa.com

follow and like us:
Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan