NEWS TICKER

Perayaan Maulid Nabi di Kampung Sukamanah Berjalan Dengan Khidmat

Jumat, 30 Oktober 2020 | 9:36 pm
Reporter: DAB
Posted by: Redaksi
Dibaca: 867
Beralaskan terpal plastik di jalanan, puluhan warga berkumpul bersimpuh merayakan hari lahir Nabi terakhir umat Islam.

KOTA TANGERANG, Faktakhatulistiwa.com – Pandemi Covid-19 tak kunjung usai, masa PSBB di Provinsi Banten pun terus diperpanjang. Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat masyarakat merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW di Kampung Sukamanah, Kelurahan Sukasari, Kota Tangerang, Kamis (29/10/2020).

Perayaan yang dipelopori dari pergerakan para pemuda Sukamanah yang dibantu oleh para ibu-ibu dalam hal kebutuhan logistik, hingga Maulid Nabi yang dikemas sesederhana tersebut berjalan dengan khidmat.

Beralaskan terpal plastik di jalanan, puluhan warga berkumpul bersimpuh merayakan hari lahir Nabi terakhir umat Islam.

Dibuka dengan pengajian, pembacaan tahlil dan do’a untuk keselamatan Warga serta para almarhum sesepuh kampung Sukamanah ada hal unik terjadi dalam acara tersebut.

Sesaat ketika kalimat maulid dibacakan, puluhan jamaah berdiri dan rintik air hujan mulai turun membasahi jamaah karena acara tersebut diadakan di alam terbuka tanpa tenda acara seperti biasanya.

Sempat membuat resah jamaah, namun Alhamdulillah tanpa diduga tapi penuh harap rintik air hujan pun terhenti ketika kalimat doa maulid nabi selesai dibacakan.

Tak hanya itu, uniknya dua penceramah cilik dihadirkan panitia dalam acara tersebut. 

Ikhfa dan Aila menceritakan sosok Rasullullah SAW sebagai tauladan umat Islam di seluruh dunia, dan dalam kesempatan itu diharapkan selalu terjalin kekompakan dan kepedulian antar warga kampung Sukamanah sebagaimana yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Selaku Ketua Panitia, Aliyudin menjelaskan penceramah cilik sengaja dihadirkan bertujuan mencetak generasi islami sejak dini di Kampung Sukamanah.

“Selain belajar mengaji, kita melatih mereka belajar berani tampil untuk mensyiarkan ilmu agama Islam sedari kecil, dan ini niatnya akan kami lakukan secara rutin tiap minggunya,” Jelas Ali.

Dirinya pun mengungkapkan, kegiatan pengajian dan doa rutin dilakukan tiap minggunya setiap malam Jum’at sebagai pengikat tali silaturahmi antar warga. Selain itu juga sebagai penyemangat warga menghadapi masa pandemi ini dengan Do’a bersama.

“Menghadapi masa pandemi ini, selain dengan menyediakan fasilitas air bersih untuk cuci tangan dan rutin melakukan penyemprotan desinfektan oleh tim RW, dengan pengajian dan doa bersama kita harapkan dapat memberikan semangat warga agar terus sehat,” jelas Ali.

© 2020 Fakta Khatulistiwa. All Rights Reserved.