TANGERANG, Faktakhatulistiwa.com – Dalam rangka peringati HUT PDI Perjuangan Ke-49 Tahun, DPD PDI Perjuangan Provinsi Banten lakukan gerakan penanaman pohon secara serentak di bantaran hilir sungai Cisadane, di Mekar Sari, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, Minggu (23/01/2022).

Sebanyak 5000 pohon mangrove termasuk pohon buah (mangga, rambutan dan durian), juga sekaligus memberikan secara simbolis 5000 pohon mangrove kepada aktivis lingkungan hidup, yaitu Yayasan Peduli Lingkungan Hidup Indonesia, untuk ditanam di sepanjang bantaran sungai Cisadane yang berada di wilayah Banten.

“Kegiatan ini berdasarkan instruksi Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Dr. Megawati Soekarnoputri, acara dilaksanakan tanggal 23 Januari 2022 bertepatan dengan peringatan Ulang Tahun Ketua Umum Ke-75. Semoga panjang umur serta sehat selalu,” ujar Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Banten, Ade Sumardi di lokasi penanaman pohon.

Ia menjelaskan, imbauan untuk menanam pohon secara serentak se-Indonesia oleh DPP PDI Perjuangan dikarenakan Ketua Umum sangat mencintai lingkungan sehingga menginstruksikan kepada seluruh kader PDI Perjuangan untuk melestarikan lingkungan, melalui gerakan penanaman pohon serentak di Tanah Air termasuk di Provinsi Banten.

“Kegiatan penanaman pohon ini tidak hanya dilakukan karena ada instruksi dari DPP partai saja, tapi jadikan serta tanamkan gerakan menanam pohon karena ada ibadah dan anjuran oleh Allah SWT,” tutur dia.

Karena menurutnya, dampak bencana banjir, longsor, serta bencana alam lainnya merupakan bencana yang disebabkan oleh ulah manusia yang tidak memperhatikan kelestarian alam.

Untuk itu, PDI Perjuangan mengajak seluruh masyarakat Banten untuk melaksanakan gerakan penanaman pohon.

“Marilah kita rawat bumi kita yang kita cintai ini untuk kebaikan. Merdeka!,” tegas Ade Sumardi yang juga Wakil Bupati Lebak ini.

Ditempat yang sama, Ketua Pelaksana Suparmi yang juga Wakil Ketua Bidang Pangan, Pertanian, Kehutanan, dan Lingkungan Hidup DPD PDI Perjuangan Provinsi Banten mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk tetap selalu menjaga lingkungan.

“Dan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk bagaimana pentingnya menjaga keseimbangan alam, merawat dan menjaga bumi kita agar terhindar dari segala bencana,” ujar Suparmi yang juga anggota DPRD Kota Tangerang ini.

“Semoga kegiatan ini bisa berjalan terus dan bisa ditiru serta diikuti oleh masyarakat sekitar bantaran sungai dan masyarakat luas,” harap dia.

Pada kesempatan ini juga diserahkan secara simbolis berupa kue keranjang (dodol Cina) dari perwakilan masyarakat etnis Cina Benteng, dalam rangka menyambut Hari Raya Imlek kepada panitia penanaman pohon.

Penanaman serentak yang digagas DPD PDI Perjuangan Provinsi Banten melibatkan berbagai unsur, diantaranya perwakilan badan partai tingkat Provinsi (BSPN, Badiklatda, Baguna, BBHHAR, Bapilu, dan BKN), sayap partai tingkat Provinsi (TMP, Bamusi, Repdem), Fraksi PDI Perjuangan Provinsi Banten, Aktivis Lingkungan, hingga warga masyarakat sekitar. (Red)

follow and like us:
Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan