NEWS TICKER

Mahasiswa Tangerang Tolak Pekerja Asing Dari China

Minggu, 24 Januari 2021 | 2:21 pm
Reporter: Sandi Kurniawan
Posted by: Redaktur
Dibaca: 1004

 

KOTA TANGERANG, Faktakhatulistiwa.com – Kedatangan Tenaga Kerja Asing (TKA) ke Indonesia nampaknya tidak berhenti. Meskipun beberapa waktu lalu Pemerintah pusat membuat Kebijakan melarang TKA datang ke Indonesia.

Kedatangan TKA tersebut mendapat sorotan yang serius dari kalangan Mahasiswa Tangerang. Mereka melihat sebagai bentuk ketimpangan atas aturan, apalagi dimasa saat ini pandemi Covid-19.

“Seharusnya saat ini pemerintah fokus pada persoalan bagaimana menangani pendemi Covid-19 ini. Bukan malah menghadirkan TKA. Buat apa mereka datang ke Indonesia ini? Apabila hanya untuk bekerja masih banyak Tenaga Kerja Indonesia yang terkena PHK gara-gara pendemi Covid-19 ini,” kata Ahmad Izat Zajuly Ketua HMI Cabang Tangerang Raya.

Berdasarkan data dari Apindo terdapat sebanyak 6,4 juta orang pekerja yang kena PHK. “Apakah ini gak miris melihat TKA terus datang, sedangkan pekerja Indonesia masih banyak yang di PHK. Ini adalah suatu bentuk ketimpangan,” keluhnya.

Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada Pemerintah, Imigrasi, serta pihak Bandara Soetta agar dapat segera memulangkan para TKA tersebut.

“Bahkan apabila mereka tetap dipertahankan atau tidak memulangkan TKA China, ancaman tegas kami akan melakukan aksi demontrasi sekalipun ini masih masa PPKM sebab ini sudah melanggar peraturan pusat,” tegasnya.

Dari informasi yang didapat oleh Mahasiswa, sebanyak lebih dari 188 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China tiba di Indonesia dengan pesawat CHINA SOUTHERN CZ387.

“Ini sudah mencederai aturan, kami menduga jangan-jangan pengawasan migrasi tidak berjalan,” pungkasnya.

© 2020 Fakta Khatulistiwa. All Rights Reserved.