PADANG, Faktakhatulistiwa.com – Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum Nelayan (SPBUN) yang dikelola oleh PT Citra Nelayan Sejati diharapkan bisa memudahkan ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) buat kebutuhan masyarakat melaut apa lagi di daerah ini banyak yang berprofesi sebagai nelayan.

Pernyataan ini disampaikan Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah saat meresmikan SPBUN yang berada di Pantai Carocok Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sabtu (29/5/2021).

“Keberadaan SPBUN ini diharapkan masyarakat, terutama para nelayan tidak kesulitan lagi memperoleh BBM saat akan melaut,” ucapnya.

SPBN yang dikelola oleh PT. Citra Nelayan Sejati ini menyediakan pertalite dan solar guna melayani kebutuhan nelayan pada UPTD Pelabuhan Perikanan Wilayah I Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumbar.

“Insya Allah, keberadaan SPBN ini bisa menekan biaya operasional nelayan kita, sehingga bisa meningkatkan produktifitas dan kesejahteraan para nelayan kita,” harap Mahyeldi.

Selanjutnya, Mahyeldi meminta masyarakat, pengelola dan pemerintah untuk bersama sama menjaga operasional SPBUN sehingga tujuan utama meningkatkan kesejahteraan nelayan dapat tercapai. 

“Saya meminta warga disini bisa menjaga operasional SPBUN ini untuk tidak ada masyarakat umum yang membeli minyak dengan dirigen, karena SPBUN Tarusan ini dioperasionalkan khusus nelayan,” tegasnya.

Senada dengan Gubernur Sumbar dalam sambutan Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar juga meminta dukungan kepada Gubernur untuk meningkatkan pembangunan di Pesisir Selatan, dan tidak hanya pembangunan pada potensi perikanan.

“Saya selaku Bupati Pesisir Selatan, meminta dukungan Pak Gubernur untuk pembangunan di Pesisir Selatan yang lebih baik, dan tentunya tidak hanya terbatas pada potensi sektor perikanan. Saya berharap bisa dirumuskan langkah-langkah dalam penataan ekonomi Pesisir Selatan, yang mencakup dukungan di berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan, dan lain-lain,” sebutnya.

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumbar, Yosmeri menyampaikan sudah ada empat SPBN di Pesisir Selatan. Kadirannya SPBU ini juga akan sangat membantu perekonomian masyarakat di Carocok tersebut, yang sebagian besar memiliki mata pencaharian sebagai nelayan.

Diharapkan keberadaan SPBUN ini, bisa meningkatkan perekonomian di daerah, meningkatkan taraf hidup masyarakat dan memberikan nilai tambah khususnya bagi nelayan.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *