TANGERANG, Faktakhatulistiwa.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang meluncurkan Kampung Demokrasi di lokus yang kedua. Hal ini dilakukan guna mengedukasi masyarakat Kota Tangerang khususnya dalam menyongsong Pemilihan Umum (Pemilu) serentak pada 2024 mendatang.

Dan untuk lokus kedua, Kampung Demokrasi kali ini terletak di RW 05, Kelurahan Pasir Jaya, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang, Sabtu (2/7/2022).

Kecamatan Jatiuwung merupakan Kampung Demokrasi ke-dua. Sebelumnya, KPU Kota Tangerang telah meresmikan Kampung Demokrasi di wilayah Kecamatan Larangan, tepatnya di wilayah Kelurahan Larangan Utara.

Dalam peluncuran Kampung Demokrasi tersebut, para warga Kelurahan Pasir Jaya, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang khususnya di RW.05 beserta undangan yang hadir dalam acara tersebut dibekali ilmu seputar pendidikan pemilih dan politik oleh 2 pemateri dari dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah (UMT) Tangerang, yakni, Undang Prasetya Umara, SH, MH, dan Nizla Rohaya, SH, LLM.q.

Ketua KPU Kota Tangerang, Ahmad Syailendra mengungkapkan ada beberapa sosialisasi yang diberikan untuk melakukan edukasi di Kampung Demokrasi kepada masyarakat sekitar.

“Edukasi yang kami berikan terkait dengan pendidikan pemilih dan politik. Seperti ajakan untuk tidak Golongan Putih (Golput), tidak tergiur dengan money politik, dan tidak terpengaruh dengan informasi yang tidak benar,” ujarnya.

Terlebih lagi jelas Syailendra, Kampung Demokrasi tidak hanya sebatas peluncuran semata, tetapi juga akan terus berlanjut dengan memberikan informasi atau update mengenai data masyarakat.

“Atas dasar inisiasi KPU Provinsi Banten, kami membuatkan masyarakat grup whatsapp. Melalui aplikasi itu, kami akan bertukar data seperti data warga yang sudah meninggal dan data calon pemilih tahun 2024,” Jelasnya.

Perlu diketahui, di dalam Kampung demokrasi ada sejumlah spot, antara lain, zona anti politik uang, zona anti hoax serta zona aspirasi. Dan di dalam spot tersebut ada kalimat ajakan berpartisipasi bagi masyarakat dalam pemilu hingga beberapa tulisan berdemokrasi, kepemiluan, larangan ber-money politik dan lainnya. Tak hanya itu, di dalam kampung demokrasi inipun KPU Kota Tangerang bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang untuk membuka spot layanan pembuatan e-ktp, agar memudahkan warga sekitar dalam mengurus e-ktp dan dokumen legal lainnya.

Sumber : Humas KPU Kota Tangerang
Penerbit : Redaksi Faktakhatulistiwa.com

follow and like us:
Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan