TANGERANG, Faktakhatulistiwa.com – Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD-PKS) Kota Tangerang, secara resmi membuka pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD Kota Tangerang, DPRD Provinsi Banten dan DPR-RI untuk pemilu 2024.

Proses pembukaan bacaleg ini dilakukan secara terbuka. Pendaftaran sudah dibuka sejak Rabu tanggal 8-25 Desember 2021. Dengan tiga syarat, modal politik, sosial dan modal finansial.

Ketua DPD PKS Kota Tangerang Arief Wibowo menjelaskan, para bakal calon tidak dipungut biaya pendaftaran alias gratis, dan terbuka untuk umum.

“Memang selama ini dilakukan secara tertutup, dilakukan secara internal atau kader. Saat ini dilakukan secara terbuka. Dan semuanya gratis, tidak ada biaya pendaftaran,” jelas Arief Wibowo saat konferensi pers di kantor DPD PKS Kota Tangerang, Jumat (17/12) sore.

Didampingi Sekretaris DPD PKS Kota Tangerang Bayu Triatmaja, Arief menjelaskan bahwa modal finansial tersebut hanya untuk memastikan kemampuan bakal calon bukan untuk biaya administrasi.

“Finansial disini dimaksudkan kita akan menanyakan kepada para bakal calon punya kemampuan berapa mereka, dan ini untuk pembuatan alat peraga partai. Seperti stiker, banner dan lainnya,” papar dia.

“Bahkan kalau kita melihat bakal calon itu punya potensi yang luar biasa, kita justru akan modali mereka. Sampai jadi calon,” imbuh dia menegaskan.

Selain itu, Arief juga mengatakan para bakal calon legislatif tersebut nantinya akan dibekali dengan pendidikan politik.

“Kedua kita juga akan melakukan interview kepada para bakal calon-calon tersebut,” ucapnya.

Pembukaan pendaftaran bakal calon legislatif ini juga adalah sebagai target PKS untuk mencapai 20 persen suara yang akan diraih pada pemilu 2024 mendatang.

Sementara itu, Sekretaris Bayu Triatmaja mengatakan, pihaknya juga akan memberikan kwota sebesar 30 persen untuk kaum millenial. Dimana menurutnya keberadaan anak-anak muda ini patut diberikan wadah sebagai alat perjuangan bentuk aspirasi masyarakat.

“30 persen itu, 15 persen laki-laki dan 15 persen perempuan. Kami menganggap millenial itu bukan objek politik melainkan sebagai aktor politik,” ujar Bayu.

“Di PKS itu tidak mau keberpihakan millenial sekadar gimik marketing, tapi mereka menjadi bagian proses regenerasi perpolitikan nasional,” sambungnya.

Bagi masyarakat yang ingin mendaftar sebagai bakal calon legislatif, DPRD Kota Tangerang, DPRD Provinsi Banten dan DPR-RI bisa secara online dan offline.

“Untuk offline bisa langsung ke kantor kami dan online bisa melalui website kami. Tidak dipungut biaya apapun, gratis,” kata Bayu. (Bule)

follow and like us:
Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan