NEWS TICKER

GNRI Provinsi Banten Apresiasi Gerakan Aparat Razia Tempat Hiburan Malam

Minggu, 28 Maret 2021 | 2:18 pm
Reporter: Oki
Posted by: Redaktur
Dibaca: 270

TANGERANG, Faktakhatulistiwa.com – Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Nawacita Republik Indonesia (LSM GNRI) Provinsi Banten, apresiasi kinerja aparat gabungan dalam merazia tempat hiburan malam.

Sekretaris wilayah LSM GNRI Banten, Ajis Pramuji mengatakan, sangat bangga pasca dilakukannya razia prokes yang dilakukan pada Jumat (25/3) malam hingga Sabtu (26/3) dini hari, yang melibatkan Propam Polda Metro Jaya dan Denpom Kodam Jaya di Clique Bar Gading Serpong, Kabupaten Tangerang.

“Sangat bangga kepada sinergitas instansi aparat yang sudah menjalankan tugas sebagaimana mestinya. Kami LSM GNRI sangat bangga dengan POM TNI, POM AD, AL dan AU yang bersinergi dengan Kepolisian melakukan razia-razia sepanjang tahun, karena POM TNI ada namanya sandi berupa sandi waspada wira itu operasinya sepanjang tahun mengikuti dari kepolisian,” katanya.

Ajis pun membeberkan, kurangnya pengawasan pemerintah setempat dalam upaya mencegah adanya penyebaran covid di tempat hiburan malam, akan menjadi kajian dari LSM GNRI, seperti yang tertera dalam peraturan :

  1. PPKM berbasis mikro dalam rangka upaya penyegahan penyebaran virus Covid-19 di kabupaten Tangerang,
  2. Intruksi Mendagri nomor 05 Tahun 2021 Tentang perpanjangan PPKM berbasis mikro dan mengoptimalkan posko penangan covid 19 di tingkat desa dan kelurahan untuk pengendalian penyebaran covid 19,
  3. Peraturan daerah nomer 20 tahun 2004 tentang ketentraman dan ketertiban umum,
  4. Peraturan bupati Tangerang nomer 54 tahun 2020 tentang perubahan atas peraturan bupati Tangerang Nomer 53 Tahun 2020 tentang pedoman pembatasan sosial berskala besar dan penerapan disiplin pelaksanaan protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengedalian Corona virus disease 2019 (Covid-19) di wilayah kabupaten Tangerang,
  5. Surat keputusan Bupati Tangerang Nomer 360/kep.191-huk/2021 tentang perubahan jam operasional pusat pembelanjaan, toko modern, pertokoan, rumah makan, dan sejenisnya dalam pencegahan dan pengendalian Corona virus disease 2019 di wilayah kabupaten Tangerang.

“Karena kami sebagai LSM melakukan kontrol sosial tentang kebijakan-kebijakan pemerintah yang kurang tegas tentang kontrol sosial hiburan malam dalam situasi covid 19 di wilayah tersebut. Sebenarnya masih banyak hiburan yang bersifat diam-diam tetap melakukan oprasional dengan lampu depan di matikan atau melanggar aturan pemerintah tentang jam operasional. Kami melihat seolah kebijakan pemerintah tidak dijalankan kepada para pengusaha hiburan malam, Karoke SPA, dan BAR,” pungkas Ajis.

© 2020 Fakta Khatulistiwa. All Rights Reserved.