TANGERANG, Faktakhatulistiwa.com – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kota Tangerang, Gatot Wibowo bersama jajaran menghadiri acara ‘Forum Konsultasi Publik’ dengan tema “Rancangan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) tahun 2024-2026.

Acara berlangsung di Hotel d’Prima Hotel, Jalan Benteng Betawi, No. 88, Buaran Indah, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15148, Senin (19/1/2023).

Ketua DPRD Kota Tangerang Gatot Wibowo kepada wartawan mengatakan, Rancangan Rencana Pembangunan daerah Tahun 2024-2026 telah diatur dalam instruksi Menteri Dalam Negeri No. 52 tahun 2022, tentang Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah, bagi daerah dengan masa jabatan kepala daerah berakhir pada tahun 2023.

Sesuai aturan Mendagri tersebut, kata dia, Bupati/Walikota untuk menyusun dokumen perencanaan pembangunan menengah daerah, tahun 2024-2026 yang disebut sebagai Rencana Pembangunan Daerah Kabupaten/Kota tahun 2024-2026.

Selain itu, Mendagri juga memerintahkan seluruh perangkat kepala daerah untuk menyusun Rencana Strategis (Renstra) perangkat daerah Kabupaten/Kota tahun 2024-2026.

“Dokumen PPMD Kota Tangerang ditetap oleh Kepala Daerah dengan Perkada paling lambat Minggu depan bulan Maret 2023, selanjutnya dokumen tersebut disampaikan ke DPRD Kota Tangerang 1 Minggu setelah ditetapkan,” kata Gatot.

Ia menuturkan, Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah yang telah disusun dan ditetapkan akan digunakan oleh pejabat kepala daerah sebagai pedoman untuk menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan.

DPRD berpesan agar Pemkot Tangerang memperhatikan penyelenggaraan indikator makro, dan program prioritas nasional, dengan RPJMN tahun 2020-2024.

Selain itu harus memperhatikan kesesuaian sasaran pokok dan arah kebijakan RPJPD sampai dengan tahun 2025, hasil evaluasi capaian indikator kinerja daerah RPJMD Kota Tangerang Tahun 2018-2023.

Selanjutnya, RPJMD Provinsi Banten, dan rencana pembangunan daerah Provinsi Banten, isu-isu strategis yang berkembang, kebijakan nasional dan regulasi yang berlaku.

“Hasil rapat dengar pendapat dengan perintah dan pengaduan masyarakat diperoleh langsung dari masyarakat melalui kegiatan reses, untuk itu kami memberikan beberapa point masukan melalui Forum Konsultasi Publik ini dalam rangka rancangan Rencana Pembangunan Daerah tahun 2024-2026 ini,” paparnya.

Gatot menambahkan, atas nama DPRD Kota Tangerang pihaknya menyambut baik atas agenda diselenggarakannya Forum Konsultasi Publik Rancangan Rencana Pembangunan Daerah kota Tangerang tahun 2024-2026.

peran aktif para peserta untuk dapat memberikan masukan, ide, dan gagasan sebagai bahan untuk menyusun rancangan Rencana Pembangunan Daerah Kota Tangerang ini.

“Semua mempunyai tanggung jawab untuk memajukan Kota Tangerang dan mensejahterakan masyarakatnya,” harap Gatot.

Ia menjelaskan, hal ini untuk mewujudkan penyelenggaraan pembangunan Kota Tangerang yang berkelanjutan, terpadu, dan terarah.

dalam pembangunan jangka panjang diperlukan koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi baik Pemerintah, Swasta, dan Masyarakat.

“Kehadiran kami untuk berpartisipasi, memberikan saran dan masukan agar Rancangan Rencana Pembangunan bisa terwujud, menjadi harapan kita semua dan harapan masyarakat Kota Tangerang,” imbuhnya.

“Jika kita memiliki keinginan kuat dari dalam hati, saya yakin seluruh semesta alam akan bahu membahu mewujudkannya,” pungkasnya.

Sumber : Andika Firmansyah
Editor : Yudha Faktakhatulistiwa.com

follow and like us:
Tentang Admin

Sumber Informasi Nyata & Terpercaya

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *