TANGERANG, Faktakhatulistiwa.com – Franky Roy Matatula, seorang Kwarcab Pramuka Tuna Rungu asal Jakarta, melakukan perjalanan keliling Indonesia.

Dengan kegigihannya sebagai seorang Praja Muda Karana, perjalanan keliling Indonesia Frangky ini turut diapresiasi oleh seluruh jajaran baik dari pejabat tinggi TNI/Polri, Partai Politik, Pemerintah, hingga ke Organisasi Kemasyarakatan, dengan adanya bukti Surat Keterangan, Foto Dokumentasi, dan Piagam Penghargaan yang selalu dibawa oleh Frangky selama melakukan perjalanan.

“Untuk menjalin tali silaturahmi anggota gerakan pramuka dalam rangka melaksanakan perjalanan keliling indonesia dengan menggunakan kendaraan sepeda motor,” ujar Franky dalam bahasa isyarat saat dijumpai di Jalan Mayjen. Sutoyo, Alun-alun Ahmad Yani, Kota Tangerang.

Franky merupakan salahsatu anggota yang mewakili Kwarcab Pramuka Tuna Rungu untuk berkeliling Indonesia, dengan menggunakan sepedah motor. Hal itu sudah dilakukannya seorang diri sejak tahun 2012.

“Saya sejak 2012, kurang lebih sudah hampir sepuluh (10) tahun, dan saat ini saya tetap berkeliling walau saya sudah menikah pada beberapa tahun lalu,” ucap dia kepada wartawan.

Kendati itu, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kota Tangerang R. Bayu Probo sangat mengapresiasi kegigihan jiwa Pramuka Frangky yang menjelajahi Indonesia seorang diri.

“Iya intinya kami mengapresiasi atas apa yg dilakukan bang frangky,” ujar Bayu.

Baginya, perjuangan yang ditempuh oleh Frangky itu tidaklah mudah. Namun seorang pria yang minim komunikasi (tuna rungu) mampu menjelajahi Seluruh Indonesia sejak tahun 2012 hingga saat ini.

“Perjuangan pramuka dalam penjejakan diperlukan di dunia nyata. Disitu ada upaya komunikasi dan koordinasi yang baik dari seluruh medan yang ditempuh. Apalagi bang Frangky yang minim komunikasi masih bisa menjelajahi seluruh wilayah Indonesia. Patut kita hargai dan apresiasi. Tidak semua anggota pramuka bisa seperti beliau,” tandasnya.

Penulis : Hasan Abdullah
Editor : Yudha Faktakhatulistiwa.com

follow and like us:
Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan