NEWS TICKER

FAKTA Somasi UNIS Tangerang

Kamis, 18 Juni 2020 | 5:07 pm
Reporter: Redaksi
Posted by: Indra Rubadi
Dibaca: 456
Ikbal menyerahkan Surat Somasi, foto istimewa Faktakhatulistiwa.com

KOTA TANGERANG, Faktakhatulistiwa.com – Forum Aktivis Tangerang Raya (FAKTA), yang terdiri dari gabungan organisasi gerakan muda islam dan pemuda nasionalis yang ada di Tangerang Raya, melayangkan surat somasi kepada Yayasan Islam Syekh Yusuf Tangerang (UNIS).

Somasi ini dilatarbelakangi oleh adanya pegawai tetap yayasan UNIS yang di putus hubungan kerjanya secara sepihak dan tanpa etika dengan jumlah pesangon yang tidak manusiawi.

Ibay Fadillah, Ketua Forum Aktivis Tangerang Raya (FAKTA) menyampaikan bahwa somasi ini adalah bentuk totalitas kami mengawal yayasan pendidikan agar teguh memegang kaidah ilmu pengetahuan dan hukum yang berlaku.

“Isi somasi ini adalah terkait menindak tegas aturan-aturan yang kurang efektif dalam manajemen kampus tertua dan terbesar yang ada dibanten ini, kami ingin kampus UNIS berada di track menjunjung nilai-nilai akademisi dan aturan yang berlaku”, ujar ibay.

Ibay pun menambahkan bahwa dasar somasi ini terkait menjalankan UU No.13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, memberikan penangguhan pembayaran kepada mahasiswa dalam kondisi pendemi covid 19 sebagai bentuk kepedulian kepada mahasiswa, serta mendesak yayasan UNIS untuk patuh dengan UU 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dalam hal membayarkan hak para pegawai yang berada dilingkungan UNIS Tangerang sesuai kaidah hukum dan nilai-nilai akademik.

“Sudah kita kaji semua, aturan hukum sebagai dasar dan nilai-nilai akademis sebagai pembangun logika, maraknya kasus Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang terjadi belakangan ini terutama di Kota Tangerang, memperlihatkan betapa mirisnya potret ketenagakerjaan saat ini. Kasus PHK sepihak yang menimpa pekerja/buruh di berbagai pabrik maupun perusahaan tidak main-main jumlahnya. Jangan sampai Yayasan UNIS melakukan hal yang serupa sehingga mengkhianati nilai-nilai akademis dan hukum yang sering diajarkan kepada mahasiswa itu sendiri”, tutup ibay.

© 2020 Fakta Khatulistiwa. All Rights Reserved.