NEWS TICKER

Ekonomi Sulit Makin diperas, diduga SDN Bugel 2 Jual LKS

Senin, 1 Maret 2021 | 9:08 pm
Reporter: Andhika Firmansyah
Posted by: Redaksi
Dibaca: 94
SDN Bugel 2 diduga Jual LKS, foto istimewa Faktakhatulistiwa.com

KOTA TANGERANG, Faktakhatuliatiwa.com – Adanya dugaan penjualan buku Lembaran Kerja Siswa (LKS) di sekolah SDN Bugel 2, di masa pandemi Covid-19, mulai terdengar banyak sekolah yang menjual buku LKS dan ini menjadi beban tersendiri bagi orang tua siswa, dimana perekonomian masyarakat banyak yang menurun, meski dengan uang hasil pinjaman atau untuk beli beras hari itu, orang tua siswa terpaksa membeli buku tersebut.

Adapun larangan sekolah menjual LKS pada siswa itu diatur dalam Pasal 181 Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2010 yang menerangkan bahwa, penyelenggara dan tenaga pendidik, baik perorangan maupun kolektif dilarang menjual buku pelajaran, perlengkapan pelajaran serta bahan pelajaran di tingkat satuan pendidikan, terkesan diabaikan.

Ketua LSM EKA NUSA, M. Saefudin, SH, menyoroti hal itu. Menurutnya, tidak semua sekolah mematuhi larangan tersebut, terbukti dengan adanya orang tua siswa yang mengeluhkan dan melaporkan praktek jual beli LKS tersebut pada dirinya.

Dari keluhan orang tua siswa tersebut, anaknya disuruh membeli LKS oleh pihak sekolah. Seperti yang terjadi di SDN Bugel 2, Kota Tangerang,

“Harusnya pihak sekolah berpikir 100 kali membebani orang tua siswa untuk membeli LKS. Karena, di masa pandemi ini, ekonomi orang tua siswa banyak yang terganggu, kasihan,” ujar Saefudin, kepada awak media, Sabtu (27/2/2021).

Dia berharap Pemda Kota Tangerang dalam hal ini Dinas Pendidikan turun tangan mengatasi permasalahan itu. Dinas Pendidikan diminta tidak hanya percaya laporan dari pihak sekolah saja.

“Kepala Dinas Pendidikan harus bertanggung jawab atas kelalaian dan kurangnya pengawasan pada sekolah-sekolah yang ada di Kota Tangerang. Dalam hal ini Kepala Dinas harus memberikan sanksi tegas, jika perlu Kepala Sekolah tersebut diberhentikan, karena mengabaikan Peraturan Pemerintah,” tegas Saefudin.

Sementara Plt Kepala Sekolah SDN Bugel 2, Tuti Mulyati, ketika disambangi awak media mengaku, permasalahan itu sudah selesai dan tidak ada masalah lagi. Dinas (red-Kabid SD, Totong) sudah tahu.

Perlu diketahui, untuk menutup pemberitaan SDN Bugel 2 jual LKS, tidak ditayangkan kembali. Diduga, Plt. Kepsek SDN Bugel 2, telah melakukan perbuatan melawan hukum (gratifikasi atau suap), pada selasa (23/2/2021).

© 2020 Fakta Khatulistiwa. All Rights Reserved.