NEWS TICKER

Ditolak Layanan Kesehatan Seorang Nenek Tewas di Atas Becak

Jumat, 24 April 2020 | 4:44 am
Reporter: Redaksi
Posted by: Hasan Abdullah
Dibaca: 255
Screnshoot video, istimewa faktakhatulistiwa.com

KOTA TANGERANG, faktakhatulistiwa.com – Seorang nenek yang tengah memerlukan pertolongan medis, ditolak layanan kesehatan hingga meninggal dunia diatas becak.

Peristiwa memilukan itu terjadi pada Rabu (23/4) malam. Saat warga Rw07 Jalan Teladan, Sukasari, Kecamatan Tangerang yang sedang bertugas jaga di posko siaga Covid-19, membawa seorang nenek ke Klinik YKS di Jalan Kisamaun untuk mendapatkan penanganan medis.

“Saat itu ibu-ibunya sedang kritis sudah sesak nafas di becak,” kata Yanti Empie, Kamis (23/4).

Klinik YKS yang biasanya beroperasi 24 jam. Namun, dalam 2 pekan terakhir, klinik itu tidak memberikan pelayanan 24 jam atau tutup lebih awal.

Dilansir dari Tangerang News. Ketika sang nenek bersama keluarganya datang ke klinik YKS, masih ada sejumlah karyawan dan dokter. “Kami sangat meminta tolong kepada karyawannya untuk kasih pertolongan kepada ibu itu. Lalu karyawannya nyamperin dokter itu di mobil. Tapi dokter itu menolak dengan alasan sudah tutup dan ada urusan,” katanya.

Akhirnya warga dan keluarga pun membawa sang nenek ke RSUD Kota Tangerang karena lokasinya dekat dengan Klinik dan berharap mendapatkan pelayanan BPJS.

Dalam perjalanan, sang nenek dibawa dengan becak. “Kami sudah menelepon ambulans gratis tapi posisi sedang jauh. Sedangkan pasien harus segera ditolong. Tapi sampai sana ternyata RSUD hanya khusus menangani pasien corona, tidak bisa menerima yang lain,” ungkapnya.

Ibu itu lagi-lagi mendapatkan penolakan dari layanan kesehatan. Seperti diketahui, RSUD Kota Tangerang sejak Senin kemarin memang menutup layanan poliklinik umum. Pihak RSUD juga hanya memberikan pelayanan bagi penderita virus corona.

“Hingga akhirnya ibu itu meninggal di becak. Kami meminta kebijaksanaan pihak RSUD kota untuk meminjam ambulans antar jenazah ke rumah. Tp tdk boleh karena khusus pasien covid dan menelepon ambulans gratis posisi sedang antar jenazah juga,” paparnya.

© 2020 Fakta Khatulistiwa. All Rights Reserved.