NEWS TICKER

Dinkes Jelaskan Perkembangan Vaksinasi Covid di Kota Tangerang

Jumat, 8 Januari 2021 | 3:06 pm
Reporter: Sandi Kurniawan
Posted by: Redaktur
Dibaca: 86
Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr. Liza Puspadewi, istimewa Faktakhatulistiwa.com

KOTA TANGERANG, Faktakhatulistiwa.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang berupaya penuh akan membujuk segenap warga yang menolak divaksinasi COVID-19.

Dalam hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Tangerang, Dr. Liza Puspadewi juga menjelaskan perkembangan terkait vaksinasi terlebih tidak ada sanksi tegas meskipun ada penolakan oleh warga.

“Selain menjelaskan tentang kebermanfaatan, kami (Dinkes -red) akan beritahukan juga perkembangan yang sejelas-jelasnya terkait vaksin itu,” ujar Dr. Liza, Jum’at (8/1/2021).

Lagi, dirinya juga menambahkan bahwa pentingnya mengikuti perkembangan terkait vaksinasi, serta selalu mematuhi protokol kesehatan.

Ilustrasi petugas kesehatan saat mengambil sample darah, istimewa Faktakhatulistiwa.com

 

Adapun langkah-langkahnya yakni sebagai berikut;

1. Untuk mengubah cara berpikir dan cara pandang warga yang tak percaya Covid-19, Dinkes Kota Tangerang upayakan langkah persuasif.

Dinas Kesehatan Kota Tangerang mengambil langkah persuasif, guna menerangkan kepada warga yang sebelumnya tidak percaya akan vaksin COVID-19 atau pun virus COVID-19, menjadi bisa percaya.

“Sebenarnya dia tidak mau (mendapat vaksin -red), karena memang banyak yang tidak percaya. Maka, Dinas Kesehatan Kota Tangerang berusaha untuk selalu mengedukasi masyarakat,” kata Liza.

Lanjutnya, Liza mempertegas “Bisa juga kalian check di webiste resmi Dinas Kesehatan Kota Tangerang maka dengan begitu warga akan mengetahui perkembangan vaksinasi melalui ponsel pribadi miliknya,” tuturnya.

2. Guna sosialisasi, Dinkes membuka siaran podcast, Instagram dan YouTube.

Selain memiliki website resmi, saat ini Dinkes Kota Tangerang memiliki berbagai layanan untuk memberikan edukasi seputar virus dan vaksin COVID-19. Seperti siaran podcast di akun Instagram dan akun YouTube Dinkes Kota Tangerang.

“Nanti bisa didenger podcast milik Dinkes tentang vaksinnya,” kata Liza.

Sebagai informasi, podcast milik Dinkes Kota Tangerang menyiarkan dua kali siaran dalam seminggu, melalui akun instagram @dinkes.kotatangerang.

3. Untuk umum, vaksinasi diberlakukan mulai dari April 2021.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Dinas Kesehatan Banten dr Ati Pramudji Hastuti mengatakan, vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat umum akan dilakukan pada tahap ketiga dan keempat setelah vaksinasi tahap Kesatu untuk tenaga kesehatan dan tahap Kedua untuk petugas pelayanan publik.

Diperkirakan, pelaksanaanya pada periode April 2021 hingga Maret 2022. “Tahap ketiga masyarakat yang rentan sosial ekonomi lainnya, yakni terutama penerima BPJSJKN,” kata Ati saat dikonfirmasi, Selasa (5/1/2021) kemarin. (San)

© 2020 Fakta Khatulistiwa. All Rights Reserved.