NEWS TICKER

Dinas PUPR KoTang Bersama Peci Suci Kembangkan Penataan Sungai Cicayur

Jumat, 7 Agustus 2020 | 2:22 pm
Reporter: Indra
Posted by: Indra Rubadi
Dibaca: 6163
Diskusi stakeholders beserta Komunitas Peci Suci, fot indra Faktakhatulistiwa.com

KOTA TANGERANG, Faktakhatulistiwa.com – Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) bersama Komunitas Peci Suci (Penggiat Cinta Sungai Cicayur) kembangkan penataan Sungai cicayur guna mengembalikan fungsi Sungai di Kp.Kebon Kelapa Kel.Panunggangan Barat Kec.Cibodas Kota Tangerang.

Beberapa stakeholders beserta Komunitas Peci Suci melakukan diskusi perihal pembenahan sungai Cicayur agar bisa kembali berfungsi seperti debit air yang dangkal serta limbah, menyebabkan air tidak mengalir sampai ke muaranya juga tidak dapat dimanfaatkan oleh masyarakat disekitarnya.

“Alhamdulillah, sekarang Sungai Cisayur sudah bersih dari limbah. Tidak ada lagi yang membuang sampah atau limbah rumah tangga ke sungai, Warga sudah memiliki kesadaran  menjaga kebersihan sungai. Mimpi besar akan terus kami hidupkan.” unkap Rt.Sade selaku Pendiri Peci Suci.

Dinas PUPR Kota Tangerang, mengapresiasi keseriusan warga Kp.Kebon Kelapa Kel.Panunggangan Barat dalam merespon kecintaannya terhadap lingkungan.

Komunitas Peci Suci berkeinginan untuk menaikan permukaan air saluran dan penataan bantaran Sungai, yang bilamana air di sungai mengalir kembali seperti dulu, bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kegiatan-kegiatan pelestarian sungai atau lingkungan, Seni Budaya,  Pendidikan dan termasuk juga kegiatan ekonomi.

Apresiasi Dinas PUPR Kota Tangerang melakukan Realisasi dengan Langkah-langkah Rehabilitasi sungai Cicayur antara lain,

“Program edukasi pengelolaan Sumber daya air untuk Komunitas dan Masyarakat sekitar, bersama Masyarakat dan Komunitas Peci Suci membersihkan saluran pembuang Cicayur, mengkaji dalam hal penyediaan infrastruktur terkait pengendalian banjir, mengkaji keiinginan komunitas untuk menaikkan muka air saluran dan penataan bantaran untuk dijadikan sebagaian aktivitas Komunitas dan Masyarakat sekitar Sungai Cicayur,” papar Taufik SyahZaeni selaku Seertaris Dinas (Sekdis) PUPR Kota Tangerang. (Adv).

© 2020 Fakta Khatulistiwa. All Rights Reserved.