NEWS TICKER

Cegah Penyebaran Covid, Pemkot Lakukan Tes GeNose di Sejumlah Titik Keramaian

Kamis, 6 Mei 2021 | 12:04 am
Reporter: Yud/Red
Posted by: Redaktur
Dibaca: 77
Kasatpol PP Kota Tangerang, H Agus Henra Fitrahyana, ist Faktakhatulistiwa.com

TANGERANG, Faktakhatulistiwa.com – Pemerintah Kota Tangerang menggelar pemeriksaan Covid-19 dengan menggunakan teknologi GeNose yang mendeteksi melalui hembusan nafas secara acak di sejumlah tempat yang kerap menjadi pusat keramaian masyarakat.

Lokasi – lokasi yang menjadi titik pemeriksaan GeNose di Kota Tangerang antara lain Stasiun Tangerang, Terminal Poris Plawad dan Kawasan Pasar Lama.

Kepala Satuan Pol PP Kota Tangerang Agus Hendra menjelaskan pemeriksaan secara acak kepada masyarakat di kawasan Pasar Lama dilakukan guna memastikan para pengunjung yang datang aman dan terbebas dari paparan Covid-19.

“Kawasan Pasar Lama yang menjadi pusat kuliner di Kota Tangerang terlebih di momen bulan Ramadan,”

“Terlebih di bulan suci Ramadan, banyak masyarakat yang datang untuk berburu takjil di sini,” ujar Kasatpol PP yang ditemui di Pasar Lama, Kota Tangerang, Rabu (5/5).

“Tes juga dilakukan secara gratis tanpa dipungut biaya,” imbuhnya.

Lebih lanjut Agus menerangkan dari sebanyak 34 warga yang menjalani pemeriksaan GeNose di Pasar Lama, didapati sebanyak 4 warga yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Yang positif selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan dengan metode swab PCR,” bebernya.

Kasatpol menambahkan jika kerumunan yang berpotensi menjadi sumber penularan Covid-19 terus terjadi, Pemkot Tangerang bersama dengan unsur TNI dan Polri akan menerapkan pembatasan pengunjung di lokasi – lokasi rawan kerumunan.

“Nanti dilihat dari hasil pemeriksaan yang dilakukan dan akan dilakukan evaluasi lanjutan,” jelas Agus.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Liza Puspadewi yang menggelar pemeriksaan di lokasi berbeda menuturkan tes GeNose akan digencarkan atau dilakukan secara masif hingga beberapa pekan kedepan dengan menyasar tempat-tempat keramaian, seperti pusat perbelanjaan, pasar dan tak menutup kemungkinan ke RW zona merah.

“Tahap pertama menyasar 200 peserta, mulai dari penumpang, masinis hingga para sopir bus. Jika kedapatan peserta positif, Dinkes akan mengirim ke Puskesmas terdekat untuk dilakukan swab PCR hingga tindakan isolasi di rumah isolasi yang tersedia,” papar Liza usai melakukan pemantauan di Stasiun Tangerang.

© 2020 Fakta Khatulistiwa. All Rights Reserved.