NEWS TICKER

BNPB Instruksikan 30 Wilayah Siaga Hadapi Ancaman Siklon Tropis

Rabu, 14 April 2021 | 11:33 pm
Reporter: HS
Posted by: Redaktur
Dibaca: 2054
Ancaman bibit siklon (angin kencang) tropis, sumber foto wikipedia

JAKARTA, Faktakhatulistiwa.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyampaikan pesan peringatan dini, dalam kesiapsiagaan bencana pada 30 wilayah di Indonesia.

Peringatan itu disampaikan berdasarkan adanya informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) tentang ancaman bibit siklon tropis 94W yang diduga akan mengakibatkan cuaca ekstrem di sejumlah wilayah seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, jawa Tengah, dan DI Yogyakarta.

Deputi Bidang Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan mengatakan, informasi peringatan dini disampaikan agar dapat mempercepat penyebarluasan informasi peringatan bencana.

Perkembangan bibit siklon 94W di samudera Pasifik Barat sebelah utara Papua, ist Faktakhatulistiwa.com (sumber foto BMKG)

Lilik berharap, informasi tersebut dapat membuat para kepala daerah segera menyusun rencana dan pengambilan keputusan terkait upaya mitigasi.

“Selain itu pemerintah daerah diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi cuaca eksterem, seperti puting beliung, hujan lebat, disertai kilat/petir, hujan es dan dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang serta jalanan licin,” papar Lilik dalam keterangan tertulis, Selasa (13/4/2021).

Lilik juga meminta pemerintah daerah melakukan koordinasi antar lembaga terkait untuk memberikan informasi pada masyarakat terkait bencana yang mungkin terjadi.

“Koordinasi menyasar pada komunikasi risiko yang ditujukan kepada masyarakat mengenai potensi bahaya untuk menjauh dari lembah sungai, lereng rawan longsor, pohon tumbang atau tepi pantai, khususnya warga yang bermukim di wilayah risiko bencana tinggi,” kata dia.

Selain itu, peringatan juga diberikan pada Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Adapun BMKG menyebut bahwa bibit siklon tropis 94W di Samudera Pasifik dan Timur Laut Papua berpotensi menjadi siklon tropis dalam waktu seminggu ke depan, yang akan mempengaruhi cuaca di bagian utara Indonesia, seperti Sulawesi, kepulauan Maluku, Papua Barat, Papua dan sejumlah wilayah lannya.

Akibat bibit siklon tersebut, diperkirakan akan terjadi hujan hingga sangat lebat disertai angin kencang dan tinggi gelombang pada periode 13-19 April 2021.

© 2020 Fakta Khatulistiwa. All Rights Reserved.