NEWS TICKER

Binaan Polsek Jatiuwung Kampung Anggur Terima Ikon Prestasi Pancasila

Minggu, 30 Agustus 2020 | 10:01 pm
Reporter: Indra
Posted by: Indra Rubadi
Dibaca: 45
Penyerahan Piala Pancasila pada Kampung Anggur Binaan Polsek Jatiuwung, foto istimewa Faktakhatulistiwa.com

KOTA TANGERANG, Faktakhatulistiwa.com – Kumpoeng Anggur di RW 03, Kelurahan Uwung Jaya, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang yang merupakan kampung binaan Polsek Jatiuwung
meraih salah satu Ikon Apresiasi Prestasi Pancasila tahun 2020 dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Dari 75 ikon penghargaan yang disematkan BPIP melalui salah satu stasiun televisi secara online tersebut, Kampung anggur (kampung sehat) ini menyabet satu ikon kategori Social Enterpreneur, pada Sabtu (29/8/2020) kemarin.

Ketua RW 3, Budi Susanto mengatakan, di Kampung Anggur ini pihaknya membuat beberapa inovasi. Seperti, mempercantik lorong kampung, budidaya lebah trigona, ikan, rumah kreatif kartun.

“Kami juga punya pojok baca yang dilengkapi wifi gratis dan cerita/film pendek untuk menjadi motivasi kepada warga lainnya,” ujar Budi Susanto Minggu (30/8).

Sementara untuk pembinaan pancasila, pihaknya lebih mendorong kepada tindakan sehari-hari dengan melaksanakan kegiatan secara bergotong royong ketimbang teori.

“Untuk tindakan nasionalisme, kami lakukan dengan cara peduli sesama, gotong royong ketika membenahi lingkungan. Itu wujud pancasila dalam wujud tindakan,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolsek Jatiuwung, Kompol Aditya SP Simbiring mengaku sangat bangga terhadap apa yang sudah diperoleh tersebut.

Ia menginginkan, prestasi itu harus diikuti dengan kegiatan yang menginvestasikan nilai pancasila dalam kehidupan keseharian warga.

“bagaimana bersama-sama ditengah pandemi Covid-19 bergotong royong mencegah penularannya ditengah masyarakat. Bekerjasama, bergotong royong dengan tetap tertib mengikuti protokol kesehatan,” ujar Kapolsek.

Aditya berpesan, agar masyarakat juga harus menjaga nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari agar apa yang menjadi budaya tidak hilang tergerus perkembangan jaman.

© 2020 Fakta Khatulistiwa. All Rights Reserved.