NEWS TICKER

Belum Layak Minum “Pamsimas” Disoal Oleh Warga Pekayon

Sabtu, 16 Januari 2021 | 12:21 am
Reporter: Herman
Posted by: Redaktur
Dibaca: 818

KABUPATEN TANGERANG, Faktakhatulistiwa.com – Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Rt 01/05 Desa Pekayon, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang di soal warga lantaran hingga batas waktu pengerjaan yakni 120 hari kerja, Proyek Pamsimas itu belum dapat dimanfaatkan oleh warga.

Salah satu warga setempat yang enggan disebut namanya menyayangkan proyek yang dibangun hingga masa waktu pengerjaannya belum dapat dipergunakan oleh warga.

Papan pengerjaan Pamsimas, istimewa Faktakhatulistiwa.com

“Jika di lihat dari jangka waktu pekerjaannya sudah seharusnya bisa menikmati, akan tetapi Airnya masih Terasa Asin dan Tower penampung Airnya terlihat rembes Apakah pengerjaannya kurang baik, jika dilihat dari anggarannya yang ratusan juta, sangat disayangkan kalau tidak sesuai dengan fisik yang ada,” ungkap warga setempat kepada wartawan.

Sementara itu, Dian dari Lembaga Swadaya Masyarakat (Lsm) Aliansi Pejuang Bersatu (Alpetu) mengatakan, program tersebut bertujuan untuk penyediaan layanan air minum dan sanitasi yang memenuhi Standar Pelayanan Minimal (Spm), dengan menyediakan dukungan finansial baik untuk investasi fisik dalam bentuk sarana dan prasarana, maupun investasi non fisik dalam bentuk manajemen, dukungan teknis, dan pengembangan kapasitas, Dengan anggaran yang cukup Besar.

“Pertanyaannya Kalau dari Airnya saja tidak Layak untuk diminum artinya tujuannya belum terpenuhi, tetapi waktu pengerjaanya sudah Lewat, yang jadi pertanyaan fungsi pengawasannya dimana, sedangkan anggaran sudah pasti sudah dicairkan,” tuturnya.

Ia mengaku, dalam waktu dekat Alpetu akan menindaklanjuti keluhan warga tersebut.

“Kami dari Lsm Alpetu akan mengirimkan surat ke Dinas terkait, untuk melaporkan adanya dugaan kejanggalan terkait proyek ini. Dan menindak tegas pelaku yang bermain dengan anggaran yang cukup besar, hingga berpotensi terjadi dugaan tindak pidana korupsi,” bebernya.

Dikonfirmasi wartawan, ketua pamsimas Pekayon Sejahtera, Gitno membenarkan jika saat ini belum difungsikan karena towernya masih rembes, dan saat ini masih dalam perbaikan.

“Dan Airnyapun masih terasa asin dalam waktu dekat ini kami akan melakukan pengeboran kembali sehingga menghasilkan Air yang layak untuk diminum,” tuturnya.

© 2020 Fakta Khatulistiwa. All Rights Reserved.