NEWS TICKER

BAZNAS Sosialisasikan Pendistribusian Zakat di 29 Kecamatan

Kamis, 4 Maret 2021 | 11:35 am
Reporter: Sandi Kurniawan
Posted by: Indra Rubadi
Dibaca: 159
Baznas Sosialisasi ke 29 Kecamatan se-Kabupaten Tangerang, foto Sandi Kurniawan Faktakhatulistiwa.com

KABUPATEN TANGERANG, Faktakhatulistiwa.com – Badan Amil Zakat dan Sadaqah Nasional (Baznas) Kabupaten Tangerang sosialisasikan program kerjanya di 29 Kecamatan,

Anwar Ardadili, komisioner Baznas Kabupaten Tangerang mengatakan pihaknya saat ini sedang melakukan kunjungan dan audiensi ke 29 Kecamatan se-Kabupaten Tangerang. Hal tersebut merupakan upaya BAZNAS Kabupaten Tangerang membangun sinergi dan kepercayaan masyarakat.

“Saat ini kami mengakui bahwa selama ini BAZNAS dikenal hanya saat menjelang Ramadhan dan Idul Fitri saja. Namun dengan adanya forum silaturahmi seperti ini kami berharap dapat hadir setiap saat kepada masyarakat untuk mengikis hal tersebut,” ungkap saat sosialisasi di kecamatan Curug Kabupaten Tangerang, Rabu (3/3/2021).

Anwar mengatakan pihaknya mengaku dirinya sudah mengunjungi tujuh  Kecamatan dan mendapatkan apresiasi dan masukan dari masyarakat terkait pengelolaan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) di kecamatan-kecamatan. Hal ini tentunya menjadi bahan yang berharga bagi pihaknya dalam rangka peningkatan kualitas dan  pengumpulan dan pendistribusian.

“Tentunya kami harap kedepan kesadaran masyarakat dalam berzakat ini dapat meningkat dan masyarakat juga dapat merasakan manfaat dari Baznas secara langsung. Sehingga kami dapat membantu pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Anwar mengungkapkan, bahwa perolehan ZIS kabupaten Tangerang tahun 2020 mencapai  Rp.5 Miliar dan mayoritas pemasukan didapatkan dari pembayaran zakat fitrah yang dibayarkan masyarakat melalui unit pelayan zakat di kecamatan.

“Nantinya hasil pemasukan ini akan didistribusikan menjalang Ramdhan dalam berbagai program kegiatan. Salah satunya adalah program bedah rumah bagi 2 keluarga miskin yang ada di setiap kecamatan,” pungkasnya.

Camat Curug Supriyadi mengatakan pihaknya mengakui bahwa BAZNAS Kabupaten Tangerang memberikan manfaat bagi masyarakat melalui program bedah rumahnya dan santunan bagi masyarakat miskin yang sudah dilakukannya.

“Saya akan meminta kepada ASN di Kecamatan Curug melalui bagian keuangan untuk membantu UPZ di kecamatan untuk pengumpulan zakat sehingga penghasilan zakat di Kecamatan tersebut meningkat,” ungkapnya.

© 2020 Fakta Khatulistiwa. All Rights Reserved.