NEWS TICKER

BAZNAS Kab.Tangerang ke BAZNAS Provinsi Banten

Rabu, 10 Maret 2021 | 9:26 pm
Reporter: Sandi Kurniawan
Posted by: Indra Rubadi
Dibaca: 64
Study Banding BAZNAS Kab.Tangerang ke BAZNAS Provinsi Banten, foto istimewa Faktakhatulistiwa.com

SERANG, Faktakhatulistiwa.com – BAZNAS Kabupaten Tangerang menyelenggarakan pertemuan dengan Pemprov Banten dan BAZNAS Kabupaten Serang yang bertujuan untuk mensinergikan hingga pengoptimalisasian strategi BAZNAS yang dimulai dari Kabupaten Serang hingga se-Provinsi Banten.

Pertemuan tersebut juga merupakan bagian dari rangkaian awal perlawatan memulai kegiatan mempererat hubungan beserta tali silaturahmi yang diadakan pada tahun ini.

Acara yang berlangsung informal ini diselenggarakan di Kantor Baznas yang terletak di Provinsi Banten yang selanjutnya berpindah ke kantor BAZNAS Kabupaten Serang pada Rabu, (10/03/2021) yang dimulai pagi hingga siang tadi, proses pertemuan dilakukan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Ketua BAZNAS Kabupaten Tangerang Drs.H. Achmad Nawawi, M.Si mengatakan pihaknya saat ini sedang melakukan kunjungan ke Provinsi Banten untuk bersilaturahmi dan sosialisasi hingga berlanjut ke Kabupaten Serang dalam agenda study banding mengoptimalkan strategi kerja dan program yang akan dicanangkan mulai bulan ramadhan tepat di bulan April 2021 tahun ini.

Hal tersebut, merupakan upaya BAZNAS Kabupaten Tangerang membangun sinergi dan kepercayaan kepada pihak BAZNAS Provinsi Banten dan Kabupaten Serang.

“Fokus kami yaitu masih tentang kunjungan dan bagaimana cara untuk menyikronkan program kerja antara satu dengan yang lainya. Artinya, agar tidak terjadi misskomunikasi dan mispersepsi. Maka dari itu, kami sangat memperhatikan tentang pentingnya persiapan dan perencanaan,” ungkapnya pada awak media di Kantor Pemprov Banten siang tadi.

Selepas berkunjung ke Kantor Pemprov Banten, dirinya melanjutkan perlawatan ke Kantor BAZNAS di Kabupaten Serang dengan mengetahui target optimalisasi kerja Baznas.

“Dalam lanjutan perlawatan ini, Kami harap bisa bersinergi dengan rekan Baznas di Kabupaten Serang, yang memang mempunyai keran anggaran yang cukup besar nominalnya yakni, sekitar 500 triliun sekaligus pengoptimalisasian program kerja Baznas yang biasanya hanya diketahui oleh insan masyarakat saat ramdhan hingga lebaran tiba,” tambah ketua Baznas Kabupaten Serang.

Dirinya juga mengatakan, bahwa selama ini BAZNAS dikenal hanya saat menjelang Ramadhan dan Idul Fitri saja, namun dengan adanya forum silaturahmi seperti ini kami berharap, agar dapat hadir setiap saat kepada masyarakat untuk mengikis hal tersebut.

Lagi, dia mengungkapkan, bahwa perolehan ZIS kabupaten Tangerang tahun 2020 mencapai  Rp.5 Miliar dan mayoritas pemasukan didapatkan dari pembayaran zakat fitrah yang dibayarkan masyarakat melalui unit pelayan zakat di kecamatan.

“Nantinya hasil pemasukan ini akan didistribusikan menjalang Ramdhan dalam berbagai program kegiatan. Salah satunya adalah program bedah rumah bagi 2 keluarga miskin yang ada di setiap kecamatan,” tuturnya.

Achmad juga tentunya dengan besar besar harapan mendapatkan apresiasi dan masukan dari pihak Baznas Provinsi dan Kab. Serang terkait pengelolaan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) di kecamatan-kecamatan. Hal ini tentunya menjadi bahan yang berharga bagi pihaknya dalam rangka peningkatan kualitas dan  pengumpulan dan pendistribusian.

“Tentunya kami harap kedepan kesadaran masyarakat dalam berzakat ini dapat meningkat dan masyarakat juga dapat merasakan manfaat dari Baznas secara langsung. Sehingga kami dapat membantu pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

© 2020 Fakta Khatulistiwa. All Rights Reserved.