NEWS TICKER

Alumni Akabri 89 Kunjungi Lahan Ketahanan Pangan Banksa Suci

Minggu, 2 Agustus 2020 | 10:05 am
Reporter: Redaksi
Posted by: Redaksi
Dibaca: 226

KOTA TANGERANG, Faktakhatulistiwa.com – Sebagai bentuk dukungan atas program kepedulian membantu perekonomian masyarakat menghadapi ‘adaptasi kebiasaan baru’, Baharkam Polri bersama angkatan Akabri 89 kunjungi lahan ketahanan pangan TNI-Polri di Banksasuci Kelurahan Panunggangan Barat Kecamatan Cibodas Kota Tangerang. Sabtu (1/8/2020).

Diketahui, gerakan bercocok tanam memanfaatkan lahan tidur seluas 11 hektar tersebut merupakan inovasi Polsek Jatiuwung dan Koramil 06/JTU dengan diinisiasi oleh Kabarhakam Polri Komjen Pol Agus Andianto bersama alumni Akabri 89 dan Komunitas Bank Sampah Sungai Cisadane (Banksasuci).

“Gerakan Ketahanan Pangan ini bertujuan mencari jalan keluar agar potensi krisis pangan akibat pandemi Covid-19 di masyarakat bisa teratasi. Karena itu, TNI-Polri berusaha memanfaatkan lokasi-lokasi yang bisa digunakan untuk ketahanan pangan sekaligus memberikan lapangan kerja kepada masyarakat,” ujar Komjen Agus.

Dalam pelaksanaan lanjut Kabarhakam, selain dipelopori TNI-Polri, kegiatan ini juga melibat masyarakat sekitar.

“Meski lingkungan masyarakat mayoritas berprofesi sebagai buruh, mereka nantinya akan diberi pelatihan untuk bercocok tanam,” bebernya.

Lebih jauh mengatakan bahwa dalam kegiatan tersebut, pihaknya bersama Alumni Akabri 89 membantu biaya operasional lahan.

“Kami dari alumni Akabri 89 akan membantu biaya operasional lahan dan alat pertanian kepada Komunitas Banksasuci yang turut membantu melestarikan lingkungan dengan menjaga alam, khususnya sungai Cisadane dari sampah,” bebernya.

Selain itu, alumni Akabri 89 juga menyediakan 2.000 paket sembako yang dikhususkan untuk masyarakat yang terkena PHK di masa pandemi Covid-19, petugas tempat ibadah, kaum dhu’afa, santri pondok pesantren, anak yatim, tukang ojek, dan penyandang disabilitas.

Aksi solidaritas yang diikuti empat matra Akabri 89 yakni TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Udara, TNI Angkatan Laut, dan Polri merupakan wujud pengabdian yang solid antara TNI dan Polri yang digelar di berbagai wilayah Indonesia dalam meringankan beban ekonomi masyarakat.

Diketahui, Kabarhakam bersama alumni Akabri 89 memberikan penghargaan kepada Kapolsek Jatiuwung dan Danramil 06 Jatiuwung sebagai bentuk apresiasi atas inovasi yang digagas bersama komunitas Banksasuci.

Acara tersebut selain Kabarkahakam dan Alumni Akabri 89, juga dihadiri Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Eko Margiono, Walikota Tangerang serta Kapolres Metro Tangerang Kota.

© 2020 Fakta Khatulistiwa. All Rights Reserved.