NEWS TICKER

Akui Bukan Agen BPNT PKH, Nurdin : Dia Yang Nunjuk Saya Jadi Suplier

Sabtu, 9 Januari 2021 | 4:23 pm
Reporter: Herman
Posted by: Redaktur
Dibaca: 78

KABUPATEN TANGERANG, Faktakhatulistiwa.com – Suplier Bantuan Pangan Non Tunai Program Keluarga Harapan (BPNT PKH), Nurdin akui ditunjuk langsung oleh Koordinator Kecamatan (Korcam) Pendamping Sosial Kecamatan Sepatan Timur, untuk menyuplai bahan pangan program bantuan sosial pangan dari pemerintah.

“Basyarudin, Korcam Pendamping Sosial Kecamatan Sepatan Timur, juga sebagai adik kandung saya. Dia yang nunjuk saya jadi suplier dan minta menyediakan tempat penyaluran BPNT PKH,” kata Nurdin, saat ditanya wartawan, tentang siapa yang menunjuk dirinya menjadi suplier BPNT PKH, Rabu (6/1).

Pria yang akrab disapa Nding ini menuturkan, sudah menyuplai buah-buahan dalam program bantuan sosial pangan bernama BPNT PKH sejak lima bulan lalu. Selain menyuplai buah-buahan, ia juga diminta menyediakan tempat penyaluran BPNT PKH.

“Di tempat penyaluran BPNT PKH yang saya sediakan ini, untuk nyimpan sejumlah bahan pangan diantaranya, beras dan telur. Tapi beras dan telur dikirim oleh suplier lain,” kata Nding, sambil menunjuk ke arah bangunan toko di depan kediamannya yang beralamat di Kampung Kedaung Barat, RT 04/04, Desa Kedaung Barat, Kecamatan Sepatan Timur, Kabupaten Tangerang.

Disinggung wartawan terkait buah-buahan busuk yang diterima penerima BPNT PKH di Desa Gempol Sari Desember 2020 lalu, Nding mengklaim buah-buahan busuk seperti jeruk dan salak bukan dari dirinya. Menurutnya juga, ia tidak mengetahui siapa saja yang ditunjuk sebagai suplier buah-buahan oleh adik kandungnya. “Tapi, buah-buahan yang busuk waktu itu, bukan dari saya,” ucapnya.

Ditanya wartawan soal legalitas tempatnya sebagai penyalur BPNT PKH, Nding mengakui tempatnya bukan sebagai toko agen BRILink sebagai tempat resmi penyaluran BPNT PKH.

Di tempat terpisah, saat dikonfirmasi, Korcam Pendamping Sosial PKH Kecamatan Sepatan Timur Basyarudin mengatakan, legalitas tempat penyaluran BPNT PKH milik abang kandungnya sedang diusulkan. “Lalu soal mengkoordinir suplier untuk menyuplai bahan pangan BPNT PKH. Itu untuk membantu masyarakat menerima bahan pangan. Sebab masih kekurangan agen BRILink di Kecamatan Sepatan Timur,” pungkasnya.

Diminta menanggapi perihal tersebut, Koordinator PKH Kabupaten Tangerang Dede Damyati mengatakan, pendamping sosial PKH dilarang menunjuk langsung suplier penyedia bantuan sosial pangan. “Pendamping sosial dilarang memanfaatkan jabatannya,” singkat pria yang akrab disapa Adam ini.

© 2020 Fakta Khatulistiwa. All Rights Reserved.