NEWS TICKER

45 Advokat Resmi Disumpah di Pengadilan Tinggi Banten

Kamis, 15 April 2021 | 9:40 pm
Reporter: Yud/Noey
Posted by: Redaktur
Dibaca: 912
Ahmad Holil SH, Advokat Muda yang baru saja di sumpah di PN Banten, ist Faktakhatulistiwa.com

TANGERANG, Faktakhatulistiwa.com – Dewan Pimpinan Daerah Kongres Advokat Indonesia (DPD KAI) Provinsi Banten kembali mengajukan sumpah advokat yang dilangsungkan di aula Pengadilan Tinggi Banten, Kamis (15/4/2021).

Sebanyak 45 orang advokat yang disumpah dalam sidang terbuka dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Banten Respatun Wisnu Wardoyo SH.

Dalam sambutannya, Respatun mengucapkan selamat atas telah disumpahnya para advokat agar selalu sukses dalam menjalani karirnya.

“Karena menjadi advokat tidaklah mudah, dimana untuk menjadi seorang advokat haruslah banyak melakukan praktek dan menambah ilmu-ilmu hukum dengan belajar kepada senior-senior yang telah berpengalaman untuk belajar, dan menambah wawasan mengenai ilmu hukum yang terus berkembang,” paparnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua DPD KAI Provinsi Banten, Damsik SH.,MH.,CIL juga mengingatkan, agar para advokat muda dapat menghayati dan memegang teguh sumpah serta kode etik.

“Sumpah advokat ini merupakan tahapan terakhir dari rangkaian proses untuk menjadi Advokat. Kepada advokat muda yang telah disumpah agar menghayati sumpah yang telah diucapkan tadi agar memegang teguh sumpah yang diucapkan dan menjaga kode etik advokat, dan harus wajib membantu orang yang membutuhkan keadilan tidak boleh menolak ketika orang yang minta bantu tidak mempunyai uang,” ujarnya.

Dari ke 45 advokat muda yang sumpah tersebut, Ahmad Holil SH (32) yang saat ini masih aktif menjabat sebagai Ketua Karang Taruna (Katar) Desa Tobat, Kecamatan Balaraja, dan juga Wakil Sekertaris Bidang kesejahteraan DPC KSPSI Kabupaten Tangerang ini resmi disahkan menjadi advokat muda.

“Hari ini dan ke depan kita melangkah dengan profesi baru, menjadi advokat yang tentunya punya tanggung jawab moral lebih tinggi lagi untuk melakukan pengabdian terhadap masyarakat banyak. Profesi ini adalah profesi terhormat (Officium Nobile),” ujar pria yang masih aktif bekerja di PT Spin Mill Tigaraksa, dengan menduduki sebagai pengurus PUK SPSI ini.

Menurutnya, advokat muda menaruh harapan penegakan hukum lebih baik dan semakin terbuka untuk mengabdi kepada masyarakat.

“Advokat adalah sebuah profesi terhormat yang harus dijaga oleh advokat itu sendiri. Semoga dengan semangat baru para advokat muda bisa menjadi semangat positif untuk penegakan hukum di Indonesia,” tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh Sekretaris Jendral DPP KAI, Heytman Jansen Simamora SH, Wasekjen Chairul Aman SH.,MH, beserta jajaran DPD KAI Provinsi Banten.

© 2020 Fakta Khatulistiwa. All Rights Reserved.